Djoen, Toko Roti Lama di Yogyakarta

11/05/2020 405 view Jogja Dulu Bagus Kurniawan/Cerita Jogja

Yogyakarta - Anda pasti mengtahui Toko Roti Djone di kawasanan Malioboro Yogyakarta. Toko ini merupakan salah satu toko roti tertua di Yogyakarta sebelumnya munculnya berbagai macam toko roti dan kue atau Bakery di kota ini.

Toko Djoen di Jalan Ahmad Yani di seberang Ramai Mall atau sebelah utara pintu gerbang kawasan Pecinan Ketandan. Dulu toko ini hanya bertuliskan "Djoen". Entah kapan kemudian ada tambahan kata "Lama".

Toko ini menjual berbagai macam roti/bakery. Namun yang banyak dikenal adalah roti tawar dengan ukuran jumbo atau besar serta bebagai macam kue-kue yang pasti enak sekali rasanya. Sebelum nernagai merek roti tawar muncul di pasaran Yogyakarta, dulu yang dikenal hanya roti tawar Djoen dan Pram Baru dengan logo Candi Prambanan.

Dalam perkembangan hingga sekarang Djoen lama masih memproduksi berbagai macama roti dan kue. Namun karena letaknya di kawasan Malioboro kini mulai surut. Anggota keluarga besar Djoen kemudian mengembangkan usaha di luar kawasan Malioboro. Beberapa diantaranya di Jl Sugiono Brontokusuman Mergangsan dan Jl Godean.

Bila anda ingin bernostalgia dengan berbagai macam roti yang dijual di Toko Djoen Lama, datang saja. Yang pasti jangan lupa bei Roti Tawarnya yang jumbo dan enak resanya. Silakan mencoba. (Bagus Kurniawan)