Mengintip Bakmi Jawa dan Ayam Goreng Mbah Noto yang Tak Pernah Sepi Pembeli

27/03/2020 156 view Kuliner

Jika anda berwisata di Gunung Kidul maka wajib bagi anda untuk mampir ke salah satu warung ikonik ini. Namanya adalah Bakmi Jawa dan Ayam Goreng Mbah Noto. Seperti namanya, warung ini memiliki dua menu utama yang sangat populer, yaitu Bakmi Jawa dan Ayam Goreng. Lokasinya di Jalan Jogja-Wonosari Km Logandeng, Playen, Gunung Kidul. Dari arah Kota Jogja warung ini berada di pinggir jalan persis, tepatnya bagian kiri. Warung ini sekilas memang terlihat sederhana.

Namun anda akan terheran-heran begitu melihat parkirannya yang selalu penuh apalagi ketika akhir pekan. Bahkan terkadang warung Mbah Noto ini tidak mampu menampung pembeli yang membludak. Sebagian besar pembeli adalah wisatawan dari luar kota. Perlu anda ketahui salah satu ciri khas dari bakmi di Gunung Kidul adalah adanya ayam kampung utuh yang digantung di atas tempat masak.

Bakmi Mbah Noto diklaim sebagai warung bakmi pertama yang berdiri di Gunung Kidul. Mbah Noto membangun warungnya pada tahun 1987 setelah sebelumnya sempat berjualan di dekat Tugu Jogja mulai tahun 1970. Kelebihan dari Bakmi Mbah Noto ini terletak pada resep kaldu dan cara memasaknya. Kaldunya dibuat dari rebusan ayam kampung betina yang sudah bertelur. Sedangkan cara masaknya masih mempertahankan cara tradisional menggunakan tungku kayu bakar dan arang. Proses masak yang tradisional tersebut membuat aroma bakmi menjadi lebih harum dan sedap.

Bakmi Godhog

Satu porsi bakmi godhog disajikan panas dalam sebuah mangkok. Lengkap dengan telur, taburan bawang goreng, daging ayam, kecambah segar, dan potongan daun bawang. Kuahnya sangat gurih hasil perpaduan antara kaldu ayam dan telur ayam kampung. Dalam satu porsi terdapat dua jenis bakmi yaitu bakmi kuning dan bakmi bihun. Tak seperti sajian mie pada umumya, Bakmi Mbah Noto ini tidak banyak potongan daun bawang. Jadi rasa bakmi dan kuahnya benar-benar lekat. Bakmi memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek karena diolah dengan kematangan yang pas. Porsinya juga cukup membuat perut anda kenyang.

Bakmi Goreng

Untuk Bakmi Goreng, jenis bakmi yang digunakan sama dengan bakmi dalam bakmi kuah. Bedanya bakmi ini digoreng hingga kecoklatan. Rasanya sangat enak hasil paduan antara manisnya kecap manis dan bumbu yang gurih. Rasa manis inilah yang membedakan rasa bakmi goreng dengan bakmi godhog.

Ayam kampung goreng

Ayam kampung goreng termasuk menu andalan warung ini selain menu bakminya. Menggunakan bahan utama ayam kampung. Dagingnya diolah dengan bumbu khusus sehingga tidak amis dan tentunya tidak alot ketika digigit. Jadi ayam ini sebelumnya direbus dahulu untuk diambil kaldunya. Nah kaldu tersebut dipakai untuk mengolah bakmi.  Ayam goreng disajikan dengan sambal bawang dan kecambah segar sebagai lalapn.

Warung buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 23.00 WIB. Pada pagi hingga siang hari warung ini menjual soto, baru menjelang sore berganti menjadi bakmi jawa, magelangan, rica-rica ayam, dan ayam goreng kampung. Untuk minumannya ada teh poci gula batu, wedang jeruk, jahe geprek, dan teh manis. Selain menu di atas terdapat menu pendamping berupa tempe garit dan perkedel.