Pabrik Es (Balok) di Yogya

10/06/2020 22 view Jogja Dulu

Yogyakarta - Dulu di Kota Yogyakarta ada beberapa pabrik Es. Namun kini pabrik-pabrik tersebut sudah hilang. Satu demi satu pabrik es berhenti operasi dan kemudian tutup.

Beberapa pabrik es itu pernah jaya di tahun 1970-1990-an. Ada dua pabrik es yang besar yakni di Jl Letjen Suprapto, Ngampilan dan di Jl Bhayangkara depan Pasar Patuk.

Dua lagi diantaranya di Bumijo Lor, Jetis dan Jl Mangkuyudan Mantrijeron. Selanjutnya di Kampung Timuran Jl Parangtritis dan Karangkajen Jl Sisingamangaraja juga ada. Yang masih beroperasi meski tak sebesar dulu di Karangkajen. 

Tempat pembuatan es batu lainnya di Jl Suryotomo dekat Pasar Beringharjo, Jl Taman Siswa dekat Pasar Sentul, kawasan Nologaten dekat Amplaz. 

Mereka ini hanya menyuplai warung-warung dan pasar di sekitarnya. Jumlahnya juga tidak besar seperti di tahun 1980--1990-an.

Dulu hampir semua warung, restoran, pasar dan lain-lain menggunakan eses balok produk pabrik es tersebut. Es balok tersebut bentuknya hampir sama. Ukurannya sekitar 40x30 dan tebal 10 cm. Namun ada juga yang panjang hingga 75 cm.

Pabrik es Jl Letjen Suprapto sudah tidak produksi lagi sejak tahun 2000-an. Yang lainya nasibnya juga sama. Bangkrut, kukut dan tutup.

Pabrik di Ngampilan bahkan bangunannya sudah dirobohkan, Kini hanya hamparan kebonan dengan pagar tertutup rapat.

Kini es batu yang beredar dipasaran tidak banyak yang menggunakan es balok. Namun masih ada es balok yang dijual dipasaran. Salah satunya para pedagang es tape gosrok masih menggunakannya. 

Di pasaran yang beredar sekarang es model curah yang bentuknya kecil-kecil bulat dan berlubang di tengahnya.

Nasib pabrik es Yogya hanya tinggal kenangan dan tergantikan es kristal, Bukan es balok lagi. (Bagus Kurniawan)