Balai Kota (Lama) Yogyakarta

24/05/2020 50 view Jogja Dulu Bagus Kurniawan/Cerita Jogja

Yogyakarta - Di mana letak kantor Balai Kota Yogyakarta? Kalau sekarang pasti kita menyebut di Timoho. Bukan itu yang kedua.

Kantor Balai Kota Yogyakarta sejak awal kemerdekaan atau tahun 1945 hingga akhir tahun 1970-an di Jl KH Ahmad Dahlan, dulu bernama Jl Ngabean.

Kantor Bali Kota lama kalau sekarang dikenal dengan nama gedung Punokawan tepatnya sebelah barat sekitar 50 meter dari pertigaan Jl Nyai Ahmad Dahlan atau Jl Gerjen.

Orang-orang tua sampai sekarang masih ada yang menyebut balai kota, meski sudah lama tak dipakai.

Kantor ini dipakai sejak Wali Kota pertama Yogyakarta Mr KPH Soedarisman Purwokusumo hingga Sodjono AY kalau tak salah. 

Menjelang akhir tahun 1970-an, kantor balai kota Yogyakarta kemudian berpindah ke Timoho hingga sekarang ini atau d zaman Wali Kota Ahmad.

Bekas kantor balai kota saat ini dikenal sebagai gedung Punokawan. di depan kantor ini sekitar tahun 1980-an merupakan salah satu tempat jualan barang klithikan seperti onderdil sepeda, kunci, sekrup, jam tangan scond dan berbagai peralatan lainnya. Mereka berjualan pada siang hari.

Pedagang klithikan ini merupakan embrio pedagang klithikan waktu itu selain di Pasar Beringharjo, Tamnsari dan Pasar Brantan di Jl Wahid Hasyim Ngampilan. Kalau malam hari saat musim durian para pedagang durian dari KUlon Progo, Purworejo dulunya banyak bedagang di sekitarnya. (Bagus Kurnawan)