Balon Udara Nyasar ke Gunungkidul

25/05/2020 46 view Jogja Kini Istimewa/cerita Jogja

Yogyakarta - Warga Gunungkidul, DIY menemukan balon udara yang diterbangkan warga. Balon udara itu  ditemkan pada hari Minggu, (24/5/2020) siang. Namun tidak diketahui asal balon tersebut diterbangkan dari daerah mana.

Balon-balon tersebut berukuran cukup besar dengan diameter mencapai 5 meter. Satu balon ditemukan di Kecamatan Saptosari dan yang lain ditemukan jatuh di wilayah Kecamatan Girisubo. 

Menurut beberapa orang di kecamatan Ponjong, terlihat ada balon yang melayang di angkasa dengan perkiraan ketinggian mencapai 500 meter. 

Berdasarkan kejadian ditemukannya balon udara tersebut, Lanud Adisutjipto melaksanakan pemantauan terhadap kejadian tersebut serta mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi aturan.

"Ada larangan penerbangan balon udara yang dapat berpotensi membahayakan penerbangan, sesuai dengan UU No 1 tahun 2009 tentang penerbangan dan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PPKS 101) tentang larangan menerbangkan Balon Udara di MCA atau Millitary Controlled Airspace di Yogyakarta," ungkap Kapentak Lanud Adisutjipto Yogyakarta dalam rilisnya, Senin (25/5/2020).

Pihaknya terus melakukan imbauan agar warga tidak menerbangkan balon udara saat ini terutama saat lebaran. Sebab beberapa daerah ada warga yang biasa menerbangka balon saat lebaran Idul Fitri. (ian)