Gempa 5 SR Goyang Yogya dan Sekitar

22/06/2020 53 view Jogja Kini Istimewa/cerita Jogja

Yogyakarta - Gempa bumi berkekuatan 5,0 skrala Richter (SR) menggoyang wilayah DIY dan Jawa Tengah , Jawa Timur bagian selatan. 

Gempa yang dirasakan cukup kuat getarannya itu terjadi di 107 kilometer barat daya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin,  22 Juni 2020, pukul 02.33 WIB.

"Getarannya cukup kuat, saya sempat terbangun dan keluar rumah," ungkap Sudaryanto warga Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Hal serupa juga dirasakan oleh Widanarsih warga Piyungan, Bantul. Meski tidak keluar rumah, semua anggota keluarganya merasakan getarannya.

"Kaget karena baner sekali," ungkapnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat sumber gempa disebutkan berada di kedalaman 63 kilometer. Gempa berpusat di laut selatan 107 kilometer Barat Daya Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Sumber gempa berada pada kedalaman 91 kilometer.

Di DIY, getaran gempa dirasakan merata warga hampir di semua kabupaten/kota, dari kabupaten Sleman, KUlon Progo, Kota Yogya, Bantul dan Gunungkidul.

Di Jawa Tengah gempa juga terasa di Kabupaten Klaten, Purworejo, Magelang, Wonogiri, Surakarta, Boyolali dan Sukoharjo. Di Jawa Timur getaran gempa terasa di Pacitan, Tulungagung, Nganjuk dan Trenggalek BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

Menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikas (BMKG, gempa dinihari ini, terjadi pukul 02.33 wib, berpusat di laut selatan 107 kilometer Barat Daya Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Sumber gempa berada pada kedalaman 91 kilometer.

Walau demikian getaran gempa dirasakan merata warga hampir di semua kabupaten/kota DIY. Dari kabupaten Sleman hingga sebagian Gunungkidul. (ian)