Ribuan Layang-Layang Raksasa Menghiasi Langit Parangkusumo

15/07/2023 144 view Jogja Kini Panji Arkananta/Cerita Jogja

Bantul - Jogja International Kite Festival (JIKF) VIII tahun 2023 kembali digelar untuk memperebutkan Piala Bergilir Sri Sultan Hamengkubuwono X di Pantai Parangkusumo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Festival ini diikuti kurang lebih 1000 layang-layang dengan berbagai ukuran. Selain Indonesia, festival in juga dimeriahkan oleh layang -layang dari sembilan negara mulai dari Amerika Serikat, Jepang, Swiss, Tiongkok, Taiwan, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Korea. 

Selain layang-layang dengan ukuran besar, terdapat juga bebagai jenis dan ukuran layang-layang yang diikut sertakan dalam lomba kali ini. Terdapat 6 (enam) kategori layang-layang yang di lombakan, mulai dari Layang-layang Tradisional, 2 Dimensi, 3 Dimensi, Train Naga, Rokkaku Challenge, dan Train Naga Mini. Selain lomba layang-layang, panitia juga membuka lomba foto bagi para penggiat fotografi. Peserta cukup melakukan pendaftaran sebelum tanggal 14 Juli dan melakukan pembayaran pendaftaran sebesar Rp30.000,-.

Jogja International Kite Festival (JIKF) diadakan mulai tanggal 15-16 Juli 2023 bertepat di Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. (Panji Arkananta)