Jurang Tembelan : Wisata Alam yang Tak Pesonanya Tak Mengecewakan

27/03/2020 56 view Jogja Kini

Bantul tak pernah mengecewakan dalam menebarkan pesonya. Berbagai destinasi wisata sukses menghipnotis orang-orang dan membuat ketagihan untuk kembali lagi di kemudian hari. Salah satunya adalah Jurang Tembelan. Sekilas mungkin nama tempat ini terkesan ngeri. Tapi tahukan anda bawah jurang ini adalah salah satu spot terbaik di Bantul yang menawarkan keindahan alam yang membuat mata terbelalak kagum.  Di jurang ini kita bisa melihat deretan Pegunungan Sewu yang gagah berdiri dan juga tenangnya sungai Oyo yang terlihat memanjang membelah daratan.

Jurang Tembelan berlokasi di Dusun Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Bantul. Untuk mencapai kawasan ini anda tidak perlu bingung karena sudah tersedia banyak panduan dan petunjuk arah. Dari arah Kota Jogja anda tinggal mengarahkan kendaraan anda ke arah selatan menuju Jalan Imogiri timur, sampai pasar Imogiri ambil ke arah kiri menuju makan Raja Imogiri.

Di situ anda akan menemukan pertigaan yang terdapat papan petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan, ikuti jalan hingga sampai ke pintu masuk Kebun Buah Mangunan. Setelah melewati area parkir anda akan masuk ke kawasan wisata Jurang Tembelan ditandai dengan papan bertuliskan, “Selamat Datang”. Jika anda kesini sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa karena akses menuju Jurang Tempelan sangat sulit untuk menemukan kendaraan umum.

Jurang Tembelan ini menjadi alternatif pilihan anda untuk menikmati sunset. Jadi ketika anda sudah sering menikmati sunset di pantai dan ingin merasakan sensasi baru maka Jurang Tembelan wajib anda datangi. Kalau anda termasuk pecinta pemandangan dari ketinggian maka tempat ini cukup menyenangkan untuk dijadikan pilihan bersantai bersama keluarga.

Salah satu hal yang menjadi ikon dari Jurang Tembelan adalah banyaknya spot selfie yang tersedia. Jadi kalau anda kesini sangat disarankan untuk membawa kamera terbaik anda. Pastikan baterai kamera anda penuh ya, jangan sampai momen indah di Jurang Tembelan terlewatkan hanya karena baterai kamera yang lupa diisi.

Dari sekian banyak spot selfie yang menjadi favorit tentunya adalah spot selfie yang berbentuk  perahu dan terbuat dari bambu. Perahu ini berukuran cukup besar sehingga muat untuk ditumpangi 3 sampai 5 orang. Dari spot selfie perahu ini anda bisa melihat pemandangan yang indah. Waktu yang paling pas untuk berfoto selfie di sini adalah ketika turun kabut sehingga membuat kesan samudera di atas awan seperti yang kita dengar dari orang-orang.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke Jurang Tembelan? Selain pemandangannya yang sangat indah, hal yang menarik dari Jurang Tembelan adalah kawasan ini tidak memungut biaya tiket masuk jika hanya sekadar berjalan-jalan. Tapi jika anda ingin melakukan beberapa kegiatan lain seperti berfoto selfie si spot tertentu maka dikenakan biaya seikhlasnya. Jadi jika anda hendak kesini pastikan anda menyiapkan uang pecahan ya. Kawasan ini juga bisa jadi pilihan anda untuk melakukan pemotretan foto pre wedding.  Bahkan anda hanya akan diminta biaya Rp 50.000, – saja. Anda dan pasangan sudah bebas bergaya apa saja untuk moment spesial anda berdua. Sangat menarik bukan?