Cara agar Milenial Miskin Bisa Punya Rumah

02/04/2020 50 view Ekonomi Bisnis Mojok.co

Cara biar milenial bisa punya rumah adalah dengan memenangkan kebijakan public housing! Bikin gerakan yang mendesak pemerintah biar rumah nggak mahal-mahal.

Di kelas saya pernah diberi tahu kalau di masa depan, salah satu ancaman terbesar yang akan dihadapi umat manusia adalah perebutan sumber daya. Argumennya berhubungan dengan jumlah populasi manusia yang naik setiap harinya, tidak dibarengi dengan ukuran bumi yang sampai kapan pun bakal segitu-segitu aja. Nanti tanah untuk hunian dan segala hal yang terkandung di dalamnya bakal jadi sumber daya yang paling diperebutkan.

Di Indonesia, saya pikir nggak harus nunggu masa depan biar skenario itu kejadian. Kenyataannya, kita (hah, kita??) sudah mulai kesulitan untuk bisa punya rumah dari sekarang.

Berdasarkan data dari Bappenas, baru 40,05% rumah tangga saja yang bisa menghuni rumah yang layak. Artinya, lebih dari separuhnya tidak punya rumah, dan dari separuh itu, 81 jutanya adalah milenial.

Padahal nih ya, di Indonesia itu, punya rumah adalah hak asasi manusia yang dijamin oleh negara melalui UU 39/1999 Pasal 40 berbunyi, “Setiap orang berhak untuk bertempat tinggal serta berkehidupan yang layak.”

Kira-kira, apa yang bikin milenial ini pada nggak punya rumah?

Bukan, bukan karena nggak ada yang jualan rumah. Atau jumlah rumah di Indonesia masih terlalu sedikit. Rumah mah banyak! Yang nggak ada itu, duit buat belinya hahaha.

Eh serius! Sekarang, yang jualan rumah itu banyak banget, tapi harganya mahal banget karena pembangun matok harga yang jauh di atas ongkos produksi–dengan perhitungan bahwa meskipun dijual mahal pasti laku karena, siapa sih yang nggak butuh rumah??

Berdasarkan data Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) Bank Indonesia (BI), harga hunian naik 39,7% dalam satu dekade terakhir.