PFI Yogya Galang Aksi Bagi Masker dan Sembako

15/04/2020 128 view Jogja Kini Dok PFI Yogyakarta/ceritajogja

Yogyakarta - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta melakukan aksi sosia. Aksi ini untuk merespon adanyai penyebaran Covid-19 di Yogyakarta.

Para anggota PFI Yogya ini sebelumnya mennggalang dana dari warga masyarakat. Setelah dan terkumpul kemudian disalurkan dalam bentuk bantuan sembako dan masker pada warga yang terdampak.

Ketua PFI Yogyakarta Oka Hamied mengungkapkan bantuan sembako yang disalurkan merupakan hasil donasi dari para donatur melalui media sosial.

“Ini adalah hasil dari sumbangan atau donasi dari para donatur yang perduli akan masyarakat terdampak dari penyebaran pandemi virus corona di Yogyakarta,” ujar Oka Hamied dalam rilisnya yang diterima ceritajogja.com, Rabu (15/4/2019).

Gerakan yang pada awalnya hanya untuk kalangan wartawan foto Yogyakarta saja kemudian mendapat respon berbagai pihak saat disebar melalui media sosial. Akhirnya dibukalah dompet penggalangan donasi secara umum dengan waktu kurang dari satu minggu.

“Awalnya kami hanya menggalang donasi dari teman-teman pewarta foto Yogyakarta saja akan tetapi setelah diposting ke media sosial, banyak respon yang ingin berdonasi. Dan Alhamdulillah terkumpul sejumlah dana,” jelasnya.

Paket sembako yang disalurkan terdiri dari kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, gula pasirr, mi instan, minyak goreng, dan masker kain. Penyaluran dilakukan dengan dua sistem yaitu pintu ke pintu (door to door) dan secara langsung di sejumlah jalan protokol Kota Yogyakarta.

Sebelumnya PFI Yogyakarta juga telah menyeleksi para calon penerima paket sembako agar benar-benar tepat sasaran.  Bantuan paket sembako ini adifokuskan kepada warga rentan terdampak COVID-19 seperti tukang becak, kusir andong, lansia dan sejumlah orang yang benar-benar membutuhkan.

Melihat antusiasme para donatur yang ingin berdonasi maka ratusan paket sembako yang telah terkumpul rencananya akan dibagikan kepada masyarakat pada hari Kamis (16/4) di sejumlah titik di Kota Yogyakarta. Selain itu juga diberikan langsung kepada warga masyarakat yang membutuhkan diantaranya di Kecamatan Kraton

“Bagi para donatur yang telah bermurah hati, kami ucapkan banyak terima kasih dan rencananya aksi ini akan terus kami lanjutkan hingga beberapa tahapan,” lata Oka.

Melalui penyaluran sembako ini PFI Yogyakarta berharap dengan aksi kecil ini dapat sedikit membantu warga Yogyakarta dalam melewati massat pandemi COVID-19 saat ini.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat. Dan kami menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti anjuran Pemerintah yaitu physical distancing dan tetap di rumah saja untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah Yogyakarta,” pungkas Oka. (ian)