Peringkat Mall di Jogja

26/03/2020 41 view Seni Budaya Mojok.com

Sebagai sobat gabut yang hobi jalan-jalan sambil pencitraan, marilah kita mengenal peringkat mal di Jogja biar makin afdal mainnya.

Anak gaul kok mainnya ke pasar Klithikan, mal dong biar sekalian posting dan bikin Instastory. Walau sebenarnya isi dompet yang jalan-jalan ke pasar dan ke mal sama aja tipisnya, tapi keteguhan untuk pansos patut diapresiasi.

Mojok Institute telah membuat peringkat mal di Jogja berdasarkan kelayakannya untuk tempat jalan-jalan. Perlu diketahui, yang masuk kategori mal dalam artikel ini adalah pusat perbelanjaan yang punya arsitektur sedemikian rupa sehingga orang bisa jalan-jalan, nggak cuma belanja aja. Rata-rata mal punya bangunan tiga lantai dan lampu terang benderang.

Peringkat mal di Jogja #10 Jwalk Mall

Jujur saja, seumur-umur saya ke Jwalk tujuannya adalah buat nonton film di CGV. Selain itu saya nggak pernah jalan-jalan di sana. Masalahnya, meski bangunannya luas dan lokasinya nggak jauh dari keramaian kota, Jwalk sepi banget.

Menengok bangunan sebelah dari lantai 3 Jwalk Mall hanya akan membuat kalian bergidik karena ngeri, kebayang hantu terus. Konon mal ini akhirnya digunakan sebagai office building ketimbang buat mal yang memfasilitasi remaja tanggung jalan-jalan.

Praktis Jwalk Mall masuk peringkat terakhir karena sedikit horor, sepi, dan nggak banyak orang jualannya. Jalan-jalan di sini akan menyenangkan jika kalian memang lagi ingin sendiri dan menjauh dari kerumunan sambil diterangi lampu-lampu dalam kekosongan.

Peringkat mal di Jogja #9 Gardena Department Store & Supermarket

Saya sempat berdebat dengan beberapa teman apakah Gardena masuk kategori mal atau supermarket biasa. Namun karena masih bisa buat membahagiakan anak-anak yang haus permainan ala pasar malam modern dan bangunannya tiga lantai, maka boleh lah.

Gardena terkenal dengan mal yang menjual barang dengan harga terjangkau. Sayangnya arsitektur bangunannya cenderung membosankan dan gitu-gitu aja. Otomatis mal ini kalah saing sama yang lain.

Peringkat mal di Jogja #8 Sleman City Hall

Sebagai mal paling baru di Jogja, reputasi Sleman City Hall itu bagus. Saya pribadi mengapresiasi SCH karena di sana ada Aming Coffee, kopi Pontianak yang nggak pernah saya tolak. Bagunannya yang mewah dan masih nggak ramai-ramai amat bikin jalan-jalanmu nyaman tanpa hambatan.