Ini Cara UGM Gelar Syawalan Daring

26/05/2020 53 view Jogja Kini Humas UGM/Cerita Jogja

Yoyakarta  - Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Halal bihalal secara daring. 

Acara yang digelar hari ini Selasa (26/5/2020)  melalui platform Google Meet. Acaa dihadiri oleh jajaran dari rektorat, dekan, kepala bagian, Dewan Guru Besar (DGB), Majelis Wali Amanat (MWA), tendik, dosen, serta mahasiswa.

Selain itu, pertemuan ini juga disiarkan melalui saluran Youtube UGM sehingga seluruh keluarga besar UGM dapat turut menyaksikannya.

Rektor UGM, Panut Mulyono mengucapkan selamat Idul Fitri 1441 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia serta keluarga besar UGM yang turut menyaksikan di kediaman masing-masing. Ia menyampaikan permintaan maafnya mewakili jajaran pimpinan kepada seluruh keluarga besar UGM. 

“Selama setahun ke belakang menjalani tugas kedinasan serta dalam pergaulan tentu terdapat kekhilafan, kesalahan, dan kekeliruan, baik tutur kata maupun perilaku,” ujarnya.

Panut menyebutkan perayaan lebaran kali ini harus dijalani secara berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kondisi pandemi Covid-19. Ia juga ngajak agar keluarga besar UGM tetap bersyukur karena masih dikaruniai kesehatan dan keselamatan sehingga masih dapat bertatap layar dengan bahagia.

Meski ada kendala jarak yang disebabkan adanya larangan mudik selama pandemi juga dapat terobati dengan kemajuan teknologi sekarang. 

"Seperti pelaksanaan Syawalan ini, walaupun sebagian dari kita tidak dapat pulang kampung, tentu kita masih dapat bersilaturahmi secara daring dengan keluarga di rumah,” ungkapnya.

Menurtnya adanya pandemi ini semakin merekatkan dan mempersatukan semua pihak. Pandemi Covid-19 ini juga meningkatkan kreativitas sehinga jadi modal yang bagus bagi masyarakat untuk terus maju.

"Dengan semangat baru perayaan lebaran ini, mari bersama saling bahu-membahu menyelesaikan permasalahan negeri ini. Dengan demikian, pandemi ini lekas usai dan kerinduan kita akan pertemuan segera terobati,” pungkasnya. (Rilis/***)