Candi Gebang : Candi Mungil nan Indah Ditengah Masyarakat Yogyakarta

27/03/2020 43 view Seni Budaya

Yogyakarta yang terkenal dengan kota wisatanya memang mempunyai banyak objek wisata yang ditawarkan. Salah satunya di Kabupaten Sleman Yogyakarta yang memang terkenal dengan banyaknya candi-candi indah didaerah ini. Berbeda dengan candi prambanan yang sudah sangat terkenal ke penjuru dunia, candi gebang ini merupakan candi yang indah mungil namun belum terlalu banyak yang mengetahui keberadaannya.

Candi gebang ini terletak diantara perumahan warga sekitar di daerah Condongcatur, di sebelah selatan desa Gebang, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, lebih kurang 11 Kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Candi ini kecil karena hanya akan kita jumpai 1 candi yang berdiri tegak disini. Berdiri dengan kokoh diantara lahan yang cukup luas dan pemandangan yang indah. Rumput dan area yang mengelilingi Candi Gebang sungguhlah terawat dengan baik dan rapi. Tak heran, candi ini cocok untuk dapat berwisata atau menghabiskan waktu bersama dengan keluarga maupun sahabat menikmati keindahan pemandangan yang disuguhkan.

Candi Gebang ini merupakan candi hindu, karena ditemukannya Lingga dan Yoni di dalam candi. Awal penemuan candi ini oleh penduduk sekitar diawali dengan ditemukannya patung Ganesha yang kemudian para penduduk sekitar menyangka akan adanya candi tidak jauh dari penemuan patung itu. Kemudian para warga sekitar tahun 1938 melakukan penggalian dalam tanah dan menemukan candi Gebang ini. Konon candi ini merupakan candi hindu yang dibangun sekitar abad ke 8.

Untuk mengunjungi candi ini hanya dikenakan biaya Rp 2000 untuk dewasa dan Rp 1000 untuk anak-anak. (san/yas)