Pembukaan Musyawarah Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta

14/05/2023 62 view Jogja Kini Panji Arkananta/Cerita Jogja


Yogyakarta - Mengangkat tema “Membumikan Risalah Islam Berkemajuan untuk Jogja Berkemajuan”, Musyawarah Daerah (Musyda) Kota Yogyakarta akhirnya dapat diselenggarakan setelah 2 tahun mundur akibat pandemi Covid-19. Perhelatan Musyda dilaksanankan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang diselenggarakan selama 2 hari mulai dari tanggal 13-14 Mei 2023.


Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta, Drs H Akhid Widi Rahmanto menyampaikan setidaknya terdapat 3 hal yang akan dirumuskan pada Musyda kali ini.


"Ada 3 hal yang dirumuskan, yang pertama adalah laporan pertanggung jawaban yang nanti akan disampaikan pada seluruh perserta Musyda Kota Yogyakarta sekitar 370 peserta, mulai dari pimpinan cabang hingga pimpinan paling bawah pimpinnan ranting. Yang kedua kita akan menyampaikan program 5 tahun yang akan datang, program ini akan juga kita sampaikan  dan dibahas bersama-sama. Yang terakhir yang biasanya paling menarik, yaitu pemilihan pimpinan. Pemilihan pimpinan melalui mekanisme yang sangat panjang, sduah dimulain dari Januari yang lalu."


Selain itu, untuk memperdayakan teknologi di masa kini yang semakin modern. Pemilihan calon pengurus akan dilaksanankan dengan sistem E-Voting. Keakuratan yang telah teruji pada Muktamar ke-48 di Solo dan Muswil ke-13 DIY menjadi tanda penting, bahwa pemberdayaan teknologi dalam pemilihan calon Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Yogyakarta sudah tidak perlu diragukan lagi keakuratanya.


“Penjaringan dan pengusulan dari tingkat cabang dan daerah digodok, mana yang sesuai persyaratan. Kemudian mengerucut menjadi 59 orang. Dari 59 itu, peserta akan memilih sebanyak 13 orang. Pemilihan pimpinan ini menggunakan E-Voting, di mana menggunakan kecanggihan IT yang itu mempermudah, mempercepat, dan hasilnya Insyaallah akurat.”